Review dan Observasi Blog Ivhaa Network


Bagi sebagian blogger, mungkin tidak asing dengan Blog Ivhaa Network? Blog yang dikelola oleh Mastah blogger Lamongan ini terbilang menarik. Pasalnya, blog yang beliau kelola adalah blog baru. Meskipun demikian, Blog Ivha Network mampu bersaing dengan blog lainnya, khusususnya dengan blog niche teknologi.

Bagi blogger pemula, Blog Ivhaa Network bisa dijadikan sebagai referensi. Di dalam blog ini, dikupas tuntas mengenai blog, adsense, dan tutorial. Nah, bagi Anda yang masih mengalami kesulitan dalam memonetisasi blog dengan google adsense, Blog Ivhaa Network bisa menjadi solusinya.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Ivhaa Network

Ibarat uang yang memiliki dua mata sisi, Blog Ivhaa Network memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apabila dilihat dari tampilan blog, Blog Ivhaa Network sangat menarik. Template blog yang digunakan pun sekilas terlihat seperti template blog yang simple, responsive, dan tentunya seo-friendly. Dari segi penataan, blog ini memiliki kesan ditata dengan rapi, khususnya pada widget blog. Selain itu, menu navigasi blog ini sangat simple dan menurut penulis, menu navigasi Blog sudah sesuai dengan peraturan google adsense.


          Menu Navigasi Blog Ivhaa Network

Tak ada gading yang tak retak. Ungkapan ini pun berlaku untuk Blog Ivhaa Network. Jika dilihat secara keseluruhan, Blog Ivhaa Network hampir sempurna. Namun blog ini memiliki beberapa kekurangan. Setelah penulis observasi, dalam salah satu menu navigasi Blog Ivhaa Network ternyata di dalamnya blank alias tidak terdapat konten. Sekalipun halaman yang dituju pada menu navigasi ada yang blank. Ketika salah satu menu navigasi blog diklik, tiba-tiba langsung menuju pada halaman page not found.

Halaman Blank pada Blog Ivhaa Network

Setelah penulis observasi kembali, ternyata "halaman blank" tidak hanya ditemui pada menu navigasi blog melainkan juga ditemui pada halaman wajib blog, seperti Privacy Policy, Disclaimer, dan Contact. Pada halaman About pun di dalamnya tidak terdapat postingan apa pun.

Halaman About Blog Ivhaa Network tidak ada konten di dalamnya 

Saran untuk Blog Ivhaa Network

Blog Ivhaa Network secara keseluruhan, sudah bagus dan bisa bersaing dengan blog lainnya. Penulis mengharapkan kepada admin Blog Ivhaa Network untuk melengkapi isi dari halaman wajib (Privacy Policy, Disclaimer, dan Contact). Menu navigasi blog pun perlu dibenahi. Penulis yakin apabila Blog Ivhaa Network di dalamnya tidak ditemukan halaman page not found, blog Ivhaa Network akan menjadi lebih bagus lagi.

Belajar dari Blog Ivhaa Network

Ada beberapa point yang Anda bisa pelajari dari Blog Ivhaa Network, khususnya untuk blogger pemula. Setidaknya ada 2 point utama, yaitu :

1. Pentingnya template blog yang simple, responsive, dan seo-friendly
Blogger pemula harus memasang template blog yang simple, responsive dan seo-friendly agar para pengunjung blog merasa betah untuk berlama-lama di blog. Usahakan template blog juga fast loading sebab pengunjung blog tidak suka dengan blog yang memiliki loading lama saat dibuka.
2. Tata Letak Blog
Tata letak blog juga penting. Perlu Anda ketahui, apabila blog tidak ditata dengan rapi pengunjung blog akan malas untuk mengunjungi blog Anda kembali. Point penting lainnya yang bisa kita pelajari dari Blog Ivhaa Network adalah gunaman widget blog yang penting-penting saja. Jangan gunakan widget blog yang tidak perlu Anda pasang.

Demikianlah review saya mengenai Blog Ivhaa Network. Pada intinya, Blog Ivhaa Network sangat layak untuk Anda, khususnya blogger personal untuk dijadikan sebagai referensi pembelajaran blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Sederhana dan Cepat dalam Membuat Halaman Disclaimer Blog

5 Hal Utama yang Wajib Blogger Lakukan Semasa Review Google Adsense

5 Widget Penting Yang Wajib Ada di Blog