6 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog



Bagi sebagian blogger pemula, istilah backlink belum terlalu familiar. Sebagian para blogger pun tentunya bertanya-tanya, mengapa backlink selalu muncul dalam pembahasan SEO (Search Engine Optimization). Selain itu, sebagian blogger ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, yang tentunya untuk blog mereka. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai backlink ini.

Apakah Backlink itu?

Backlink adalah sebuah link yang dipasang dalam sebuah blog yang nantinya akan mengarah pada blog kita. Kegiatan membangun link disebut sebagai link building. Selain itu, terdapat istilah tautan eksternal dan tautan masuk. Jadi, ada pemberi backlink dan penerima backlink.

Backlink memiliki banyak pengaruh bagi blog. Backlink juga memegang peranan yang penting bagi kesuksesan suatu blog. Selain itu, backlink memiliki manfaat lainnya. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Situs blog Anda bisa dikenali dan ditemukan Google
  2. Reputasi blog Anda menjadi baik di Google
  3. Kredibilitas blog Anda menjadi meningkat
  4. Meningkatkan trafik blog
Menyadari banyak sekali manfaat dari backlink ini, banyak blogger yang berkeinginan untuk mendapatkan backlink. Tentunya backlink yang ingin di dapatkan adalah backlink yang berkualitas. Namun yang perlu Anda ingat, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tidaklah mudah. Anda harus memulainya dengan membuat konten-konten yang lengkap, unik, dan tentunya solutif. Berikut 6 cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

1. Anda Harus Membangun Kredibilitas Blog Terlebih Dahulu

Langkah pertama, yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah membangun kredibilitas blog. Kredibilitas blog sangat perlu untuk Anda bangun guna mendapatkan backlink yang berkualitas.

2. Usahakan Konten yang Anda Tulis Lengkap dan Solutif

Konten-konten yang Anda buat tentunya harus lengkap dan benar-benar mampu menjawab atau menyelesaikan problematika para pengunjung blog. Jika konten yang Anda buat sudah lengkap dan solutif maka kredibilitas blog Anda sudah terbangun.

3. Konten Unik

Cara yang ketiga ini adalah cara yang penting dan harus Anda lakukan sebab dengan konten unik, backlink yang berkualitas bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, Anda harus selalu membuat konten yang unik dan menarik perhatian pengunjung blog. Jika memungkinkan, usahakan konten yang Anda buat belum pernah dibuat oleh orang lain sehingga tidak menutup kemungkinan orang lain akan menanamkan tautan ke blog Anda.

4. Gunakan Patform Berbagi Konten

Jika Anda ingin mendapatkan backlink yang berkualitas maka tidak ada salahnya, jika Anda menggunakan platform berbagi konten. Platform berbagi konten yang bisa Anda gunakan antara lain:
  • Medium 
  • Kompasiana
  • Hipwee
  • Blog VIVA
  • Kaskus
  • Reddit
  • Slideshare
Anda bisa menggunakan platform berbagi konten tersebut untuk menggunakan tautan situs blog Anda. Jadi, Anda bisa menulis artikel yang masih berhubungan dengan topik yang Anda bahas, kemudian menaruh tautan artikel yang Anda inginkan sehingga Anda mendapatkan backlink dari platform berbagi konten. Meskipun link tersebut bersifat nofollow, metode ini tetap layak untuk mendapatkan atau menghubungkan dengan konten blog Anda.
5. Lakukan Guest Blogging

Cara selanjutnya adalah Anda bisa membuat artikel yang diteritkan di blog orang lain. Namun sebelumnya, di dalam artikel yang Anda buat disisipi tautan yang nantinya akan menuju ke blog Anda. Selain itu, yang perlu Anda ingat adalah Anda harus memilih blog yang trafiknya tinggi agar guest blogger (blogger tamu) bisa merasakan manfaatnya.

6. Buat Infografik

Biasanya sebagian pengunjung blog merasa malas untuk membaca paragraf-paragraf panjang, maka untuk menyiasatinya Anda bisa membuat infografik sehingga artikel Anda menjadi lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

7. Gunakan Tools Backlink

Cara terakhir, yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Pihak ketiga biasanya bermanfaat mendatangkan backlink yang berkualitas. Sampai saat ini, Ahrefs adalah alat terbaik yang bisa menemukan backlink yang berkualitas. Dengan Ahrefs, Anda bisa menemukan blog yang berkualitas berdasarkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Ahrefs juga bisa mengetahui kredibilitas suatu blog melalui Peringkat Domain (DR) dan jumlah trafik yang dihasilkan.

Itulah 7 cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Intinya, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tidaklah mudah dan butuh proses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Sederhana dan Cepat dalam Membuat Halaman Disclaimer Blog

5 Hal Utama yang Wajib Blogger Lakukan Semasa Review Google Adsense

5 Widget Penting Yang Wajib Ada di Blog