Mengenal Lebih Jauh tentang Google Adsense


Seorang blogger secara langsung maupun tidak langsung, pasti akan mengenal dengan google adsense.

Apakah Google Adsense itu? 

Google Adsense adalah sebuah program periklanan yang dimiliki oleh google yang bisa diikuti oleh para blogger atau youtuber untuk menghasilkan uang.

Kita ketahui bahwa iklan Google Adsense berbasis PPC. PPC adalah singkatan dari Pay Per Click atau bayar per klik. Jadi, sistem iklan Google Adsense adalah para blogger atau youtuber akan mendapatkan penghasilan apabila iklan google adsense diklik secara sah. Meskipun demikian, para blogger atau youtuber dilarang mengklik iklan mereka sendiri.

Secara keseluruhan, iklan google adsense berbasis PPC. Meskipun demikian, iklan google adsense ada yang berbasis CPM. CPM, yaitu singkatan dari Cost Per Milion. Dimana para blogger atau youtuber akan mendapatkan penghasilan dari jumlah dan hitung-hitungab tertentu dari tampilan iklan per seribu tayangan. Para blogger atau youtuber biasanya tidak bisa memilih dan menentukan untuk memasang iklan CPC atau CPM di blog atau channel youtube mereka. Hal ini disebabkan karena pihak adsense lah yang mengatur secara otomatis.

Bagaimana Cara Bekerja Sama dengan Google Adsense?

Sebenarnya cara untuk bekerja sama dengan google adsense sangat simple. Syarat pertama atau yang paling pokok adalah memiliki email. Untuk langkah selanjutnya adalah jika Anda ingin menampilkan iklan adsense di blog maka Anda wajib memiliki blog dan mendaftarkan blog Anda ke google adsense. Jika blog diterima google adsense maka Anda bisa menampilkan kode iklan adsense di blog.

Tidak ada salahnya jika Anda bekerja sama dengan google adsense. Saat mendaftar pun, tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Namun, yang paling diperlukan adalah kelayakan blog atau channel youtube yang akan didaftarkan.

Bagaimana Ciri-Ciri Blog yang diterima Google Adsense itu ?

Khusus untuk blog apabila akan didaftarkan di google adsense, alangkah baiknya  didaftarkan setelah memenuhi persyaratan-persyaratan google adsense. Persyaratan-persyararan tersebut antara lain:
  1. Wajib memiliki blog dan konten blog berkualitas
  2. Mendapatkan akun adsense 
  3. Usia situs blog minimal 6 bulan
  4. Konten blog wajib memenuhi standar SEO Google
  5. Desain blog berkualitas dan standar Google
  6. Blog memiliki halaman wajib 
  7. Usia blogger minimal 18 tahun (jika Anda belem berusia 18 tahun maka Anda bisa menggunakan data email dari orang yang terdekat, seperti ayah/ibu dll)
  8. Visitor blog cuku

Bagaimana Cara agar Blog diterima Google Adsense ?

Jika Anda ingin blognya diterima google adsense maka langkah-langkah yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah melihat persyaratan-persyaratan blog yang telah dijelaskan di atas. Setelah blog Anda menenuhi persyaratan-persyaratan google adsense maka segeralah daftarkan blog Anda di google adsense. Setelah pendaftaran, biasanya blog akan direview terlebih dahulu oleh google adsense dan selama masa review ini, usahakan selalu update artikel. Selain itu, yang tidak boleh Anda lakukan selama masa review adalah mengganti template blog atau edit html, biasanya jika Anda melakukan hal semacam ini maka dari pihak adsense akan ditolak. Alasannya tentu karena blog Anda dianggap sedang dibuat atau diperbaiki sehingga blog Anda dianggap belum siap untuk menampilkan iklan adsense.

Itulah artikel yang saya buat tentang google adsense. Semoga dengan adanya artikel ini menambah wawasan kita, khususnya bagi blogger mengenai google adsense.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Sederhana dan Cepat dalam Membuat Halaman Disclaimer Blog

5 Hal Utama yang Wajib Blogger Lakukan Semasa Review Google Adsense

5 Widget Penting Yang Wajib Ada di Blog